Mau Liburan ke Yogyakarta? Ini 7 Oleh-Oleh Khas dari Kota Gudeg yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Selain terkenal sebagai potret kebudayaan Jawa dengan beragam tempat wisata menariknya, Yogyakarta juga terkenal akan kulinernya yang khas. Tak heran jika banyak wisatawan yang selalu rindu untuk mengunjungi Yogyakarta untuk sekadar wisata kuliner. Banyak sekali memang kuliner khas Yogyakarta yang dapat dijadikan pilihan untuk oleh-oleh. Dari yang manis hingga pedas, dari biasa hingga tak biasa, ada semuanya. Nah, bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Yogyakarta dan belum tahu apa saja kuliner khasnya, pas sekali karena pada kesempatan kali ini, gudegbutjitro1925.co.id akan me-review 7 makanan khas Yogyakarta yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi kamu yang berencana untuk  berkunjung ke Bumi Mataram dalam waktu dekat ini. Agar tidak semakin penasaran, yuk langsung cek saja satu per satu!

Bakpia

sumber: cookpad.com

Bakpia adalah makanan khas Yogyakarta berupa kue kumbu. Tidak hanya melulu berisi kumbu kacang hijau, kamu juga dapat menikmati bakpia dengan kumbu keju, cokelat, ubi jalar, dan kacang hitam. Sebagai makanan khas yang sudah melegenda sejak dulu kala, kamu tak perlu khawatir dengan cita rasanya karena dijamin manisnya bakal sesuai dengan lidah semua orang. Percayalah, berkunjung ke Yogyakarta itu tidak lengkap kalau belum membawa pulang bakpia sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan handai tolan.

Yangko

sumber: www.orami.co.id  

Makanan khas dari Kota Yogyakarta satu ini juga harus masuk list oleh-oleh yang harus kamu bawa pulang. Di mana lagi kamu akan menemukan yangko yang sedap kalau tidak dari berlibur di Yogyakarta. Kue yang terbuat dari tepung ketan berisi tumbukan kacang ini tidak hanya manis, tetapi juga cocok untuk dihidangkan dalam acara apa saja. Yangko sekarang juga sudah  tersedia dalam beragam varian rasa yang membuat kamu mau lagi dan lagi.

Geblek

sumber: www.batok.co

Sekarang kita ke Kulon Progo. Salah satu makanan khas yang terkenal dari kabupaten yang terletak di Yogyakarta bagian barat ini adalah geblek, makanan semacam pempek, tetapi terbuat dari tepung tapioka. Teksturnya yang alot dan kenyal menjadikan geblek cukup digemari oleh banyak orang. Makin dingin, geblek akan makan alot dan kenyal, tetapi tenang saja karena tetap enak juga untuk dinikmati. Nah, apabila kamu berwisata ke Kulon Progo, jangan lupa untuk membeli geblek, ya.

Geplak

sumber: masfikr.com

Kalau kamu termasuk penyuka makanan manis, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas dari Bantul ini. Rasanya memang manis sekali karena hanya terbuat dari campuran parutan kelapa dengan gula, tetapi tidak ada salahnya kamu coba. Geplak juga kami rekomendasikan untuk kamu jadikan oleh-oleh. Paling tidak, karena kamu tidak bisa membawa Yogyakarta, kamu bisa merasakan manisnya Yogyakarta dalam butiran-butiran geplak yang kamu bawa.

Gudeg

sumber: www.blanja.com

Berbicara tentang oleh-oleh khas Yogyakarta itu tidak lengkap kalau belum memasukkan gudeg di dalamnya. Bagi kamu yang berkunjung ke Yogyakarta, pastikan untuk menikmati makanan khas Yogyakarta yang sangat terkenal satu ini. Tidak hanya sekadar menikmati, kamu juga bisa menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh karena sekarang telah tersedia gudeg kaleng praktis dan higienis yang bisa kamu bawa pulang. Kamu bisa mendapatkannya di Restoran Gudeg Bu Tjitro atau lebih mudahnya tinggal klik saja di gudegbutjitro1925.co.id untuk memesannya kapan saja dan dari mana saja.

Salak Pondoh

sumber: salak-sleman.blogspot.com

Buah sekaligus oleh-oleh khas dari Kabupaten Sleman ini tidak boleh kamu lupakan ketika berkunjung ke Yogyakarta, terutama Sleman. Kalau ingin membeli dalam jumlah banyak dan dengan harga yang lebih murah, kamu bisa langsung datang ke wilayah perkebunan salak pondok yang utamanya ada di Kecamatan Turi dan Tempel.

Thiwul

sumber: www.sarihusada.co.id

Ingat Gunung Kidul, kita tentunya harus ingat thiwul. Makanan yang terbuat dari singkong ini tidak boleh absen untuk dijadikan oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke Gunung Kidul. Meskipun kelihatannya sederhana, thiwul memiliki cita rasa yang istimewa sehingga wajar jika banyak orang yang menyukai makanan yang disajikan dengan parutan kelapa ini. Ada thiwul, biasanya di sana juga ada gatot. Kalau thiwul terbuat dari tepung singkong (gaplek), nah kalau gatot ini terbuat dari irisan singkong yang dikeringkan. Percaya deh, keduanya sama-sama enaknya kok.  

Cukup banyak bukan pilihan oleh-oleh khas dari Yogyakarta? Itu saja baru tujuh di antaranya, belum lagi lainnya yang belum disebut di sini. Jadi mana saja oleh-oleh khas yang ingin kamu bawa dari Yogyakarta? Segerakan saja dulu untuk berkunjung ke Yogyakarta-nya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *